Aplikasi Pengenalan Karakter pada Plat Nomor Kendaraan Bermotor dengan Learning Vector Quantization

by Ng Poi Wong,Hardy,Ade Maulana
( Program Studi S1 Teknik Informatika STMIK Mikroskil, Program Studi S1 Teknik Informatika STMIK Mikroskil , Program Studi S1 Teknik Informatika STMIK Mikroskil )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: nomor kendaraan,Learning Vector Quantization,deteksi tepi Sobel,Directional feature Extraction

Abstract

Sistem perparkiran saat ini, operator cenderung salah dalam menginput nomor kendaraan. Hal ini dapat mengakibatkan kendaraan bisa bebas keluar masuk meskipun nomor kendaraannya tidak sesuai dengan nomor kendaraan saat masuk serta dapat mengakibatkan waktu pelayanan yang agak lama. Aplikasi pengenalan karakter pada nomor kendaraan merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini. Aplikasi ini akan mengenali karakter dengan membaca setiap karakter pada nomor kendaraan. Dalam mengenali karakter, dimanfaatkan deteksi tepi sobel untuk menemukan lokasi plat kendaraan. Nomor kendaraan yang telah terdeteksi akan dilanjutkan tahap segmentasi tiap karakternya, tiap karakter ini akan melalui tahap ekstraksi ciri menggunakan Directional Feature Extraction dan akan dikenali menggunakan metode Learning Vector Quantization. Untuk melakukan pengujian terhadap aplikasi ini dilakukan dengan pengujian K-Fold Cross Validation. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi mampu mengenali karakter dengan tingkat keberhasilan pengenalan rata-rata 87,093%, rata-rata waktu eksekusi 4,583 detik, dan rata-rata waktu pengenalan karakter 0,28 detik.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)