Analisis Perbandingan Pengembangan Dashboard Sistem dengan Menggunakan Fusion Chart, Qlikview dan Pentaho

by Feby Artwodini Muqtadiroh,Raras Tyasnurita,Ahmad Fashel Sholeh
( Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: INDEX,BI,Fusion Chart,QlikView,Pentaho

Abstract

INDEX (Information Dashboard for Executive) merupakan salah satu teknologi sistem informasi perusahaan yang diharapkan dapat mendukung program Good Corporate Governance (GCG) sebagai upaya untuk meningkatkan keberhasilan usaha dan akuntabilitas Perseroan. INDEX adalah visualisasi data dalam bentuk dashboard yang ditampilkan untuk mendapatkan gambaran performansi di setiap proses bisnis sehingga dapat memudahkan para eksekutif dalam mengambil respon secara cepat. Dengan menggunakan studi kasus pada PT XYZ sebagai pengimplementasi Enterprise Information System, pemilihan aplikasi untuk visualisasi dashboard menjadi hal yang penting. PT XYZ selama ini menggunakan aplikasi Hyperion 9 BI dalam proses pelaporan dan analisisnya. Namun pada kenyataannya aplikasi ini memiliki kekurangan dimana tidak memenuhi kebutuhan PT XYZ dalam hal variasi bentuk visualisasi dan kemudahan proses pembuatan. Selain itu, aplikasi ini juga tidak dapat diakses dalam website (web based). Oleh karena itu, diperlukan pengembangan atau migrasidari aplikasi. Untuk memperlancar proses tersebut, maka dilakukan analisis mengenai aplikasi BI (Business Intelligence) selain Hyperion 9 BI untuk mendapatkan pengetahuan akan pertimbangan investasi perusahaan terhadap aplikasi baru.Tiga aplikasi BI dipilih untuk dilakukan perbandingan, terdiri atas Fusion Chart, QlikView dan Pentaho. Perbandingan pengembangan dashboard dilakukan dengan perhitungan skala Likert pada survei kuesioner. Tujuannya diharapkan perusahaan mendapatkan wawasandalam mendapatkan tampilan yang lebih interaktif dan user friendly serta akses yang lebih cepat untuk sistem INDEX nya sehingga akan memudahkan pihak yang terkaitdalam mengambil kebijakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa QlikView dapat memenuhi kebutuhan PT XYZ dengan nilai paling tinggi.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)