Sistem Pakar Hama dan Penyakit pada Tanaman Jeruk Manis di Kabupaten Karo

by Tanti Kristanti,Theopilus Sitepu
( Jurusan S1 Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha, Jurusan S1 Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: sistem,pakar,hama,penyakit,jeruk manis

Abstract

Sebagai sentra tanaman jeruk manis di Sumatra Utara, para petani di Kabupaten Karo seringkali mendapatkan permasalahan yaitu serangan penyakit dan hama pada tanaman. Para petani memerlukan informasi mengenai berbagai penyakit dan hama tanaman jeruk serta bagaimana cara menanggulanginya. Namun dengan keterbatasan jumlah tenaga penyuluh pertanian, diperlukan media lain yang dapat menjangkau para petani. Sistem pakar dipilih sebagai solusi untuk permasalahan tersebut, karena sistem berbasis komputer ini menggunakan pengetahuan, fakta, dan teknik penalaran dalam memecahkan masalah yang biasanya hanya dapat dipecahkan oleh seorang pakar dalam suatu bidang. Pengalihan keahlian dari para ahli (expert) ke komputer untuk kemudian dialihkan lagi kepada para pengguna yang bukan ahli (novice) akan melibatkan empat aktivitas, yaitu penambahan pengetahuan, representasi pengetahuan ke komputer, inferensi pengetahuan, serta pengalihan pengetahuan ke user. Sistem pakar sebagai hasil penelitian, telah diimplementasikan dan diujicobakan pada sejumlah pakar dan user di Kabupaten Karo, yaitu para penyuluh pertanian dan para petani tanaman jeruk manis.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)