Pengaruh IPK dan Motivasi dalam memprediksi ketepatan waktu Kelulusan Mahasiswa dengan menggunakan Sistem Pakar Berbasis Adaptive Neuro Fuzzy

by Yohannes Yahya Welim,Tatang Wirawan Wisjhnuadji
( Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jakarta, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jakarta )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Matlab,Adaptive Neuro Fuzzy Inference System,RMSE,tepat waktu

Abstract

Tingkat kelulusan tepat waktu bagi suatu institusi pendidikan merupakan salah satu parameter penting untuk menilai tingkat efisiensi dan efektifitas proses belajar mengajar pada institusi tersebut. Untuk mencapai suatu tingkat kelulusan tepat waktu yang tinggi dibutuhkan banyak usaha dan peningkatan kualitas baik infrastruktur maupun tenaga edukatif yang terlibat di dalamnya. Dalam penelitian ini dibangun sebuah model berbasis pada Metodologi Adaptive Neuro Fuzzy Inference System dengan menggunakan piranti lunak MATLAB yang memiliki kemampuan untuk melakukan prediksi terhadap tingkat kelulusan tepat waktu berdasarkan pada dua parameter input yaitu IPK dan Motivasi. Hasi penelitian menunjukkan bahwa Model sistem yang dibangun untuk melakukan prediksi dapat digunakan sudah diuji dengan metoda Validasi Model dengan menggunakan perangkat lunak MATLAB dengan tingkat ketelitian yang memadai, yaitu RMSE (Root Mean Square Error) sebesar 2.6 , Yang artinya untuk suatu sistem non-linier seperti dalam penelitian ini, sistem yang dibangun adalah cukup baik dan akurat sebagai sebuah model sistem.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)