Desain Pengembangan Sistem Pakar untuk Identifikasi Gangguan Tanaman Hutan dengan Forward Chaining dan Certainty Factor

by Andri Pranolo,Siti Muslimah Widyastuti,Azhari
( Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan, Silvikultur, Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, Ilmu Komputer Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Tanaman kehutanan,sistem pakar,certainty factor,forward chaining

Abstract

Masa panen dengan waktu lama merupakan permasalahan utama pada tanaman kehutanan, sehingga diperlukan deteksi gangguan (hama dan penyakit) dan pengendalian yang cepat dan tepat dalam mengurangi dampaknya. Langkah pertama manajemen hama dan penyakit adalah deteksi, rekognisi dan penaksiran. Dewasa ini, aplikasi sistem pakar telah dan sedang dikembangkan diantaranya untuk deteksi/identifikasi hama dan penyakit. Pada penelitian pendahuluan telah dilakukan analisis, desain, dan implementasi sistem identifikasi penyakit pada sengon (Falcataria moluccana). Berdasarkan rekomendasi penelitian tersebut, diperlukan pengembangan sistem agar dapat melakukan identifikasi, memberikan saran atau rekomendasi pengendalian, dan pengujian pada tanaman kehutanan lain. Pada paper ini akan diulas desain pengembangan sistem identifikasi gangguan untuk tanaman kehutanan dengan metode forward chaining dan certainty factor. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mulai diujicobakan oleh pengelola hutan tanaman dalam upaya mendeteksi cepat gangguan pada tanaman hutan, sehingga dapat melakukan pengendalian yang tepat, guna menjaga kualitas dan hasil kelola, serta mendukung upaya perwujudan hutan yang lestari.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)