Pengembangan Perangkat Lunak Gateway Untuk Home Automation Berbasis IQRF TR53B Menggunakan Konsep CGI

by Dias Prihatmoko,Widyawan,Selo,Sigit Basuki Wibowo
( Jurusan Teknik Elektro UNISNU JEPARA, Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM, Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM, Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: gateway,perbedaan protokol,home automation

Abstract

Kebutuhan energi listrik nasional terus meningkat. Peningkatan ini disebabkan pemakaian energi listrik yang besar pada gedung, industri dan pabrik. Di sisi lain, pemakaian energi listrik masyarakat juga sangat boros. Oleh sebab itu diperlukan adanya solusi untuk penghematan energi secara efisien dan rasional tanpa mengurangi penggunaan energi yang memang benar-benar diperlukan. Salah satu solusi penghematan energi adalah sistem kontrol dan monitor peralatan listrik secara otomatis dengan jarak yang jauh. Dengan berkembangnya internet of things maka monitoring dan controlling dapat dilakukan menggunakan internet dengan perpaduan antara teknologi sensor, teknologi wireless serta teknologi internet. Beberapa teknologi tersebut mempunyai protokol yang berbeda, karena perbedaan protokol tersebut maka diperlukan gateway untuk menghubungkan dan menjembatani perbedaan protokol tersebut. Penelitian ini mengajukan perencanaan sistem gateway yang diperuntukkan untuk monitoring dan controlling perangkat listrik bagi rumah. Perancangan ini berupa perancangan perangkat lunak (database, PHP, dan pemrograman bahasa C). Hasil dari penelitian ini adalah prototype sistem gateway yang digunakan untuk monitoring dan controlling keadaan rumah berbasis web dengan menggunakan access point. Sistem ini diberi nama Home gateway.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)