Perhitungan Biaya Pembangunan Rumah dengan Estimasi Waktu, Material, dan Jasa Pekerja

by Daniel Jahja Surjawan,Andi Wahyu Rahardjo Emanuel
( Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha, Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: pembangunan rumah,estimasi waktu,jumlah pekerja,rencana anggaran

Abstract

Perumahan merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Proses pembangunan rumah membutuhkan ketelitian yang tinggi untuk mengantisipasi 3 resiko yaitu keterlambatan waktu penyelesaian, kenaikan harga material dan ketidakpastian koefisian jasa pekerja. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan aplikasi yang dapat merencanakan pembangunan rumah mulai dari penyusunan anggaran sampai pelaksanaan pembangunan. Hal ini yang menjadi poin utama dari penelitian dimana program aplikasi yang sudah pernah dibuat tidak dapat mengetahui waktu penyelesaian terhadap proyek yang sedang dijalankan, serta jumlah pekerja yang dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan proyek berdasar waktu yang sudah ditetapkan. Perhitungan anggaran pembangunan dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tahap pembangunan pondasi, tembok, dan atap. Hasil penting dari aplikasiberupa detil laporan perhitungan dari masing-masing tahap berdasarkan parameter waktu, harga material, dan jasa pekerja yang diharapkan dapat membantu pihak kontraktor maupun calon pemilik rumah.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)