( Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember )
https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2013.09.003
Keywords: customer churn,Bayesian Belief Network (BBN),analisis pencilan (outlier),Internet ServiceProvider (ISP)
Pertumbuhan pengguna Internet yang selalu meningkat tidak diikuti dengan peningkatan skala ekonomi untuk semua jenis perusahaan telekomunikasi. Salah satunya adalah perusahaan penyedia layanan Internet (ISP) yang memiliki laju churn hingga 30% per tahun. Penelitian mengenai customer churn telah banyak dilakukan, tetapi belum ada penelitian yang menggunakan metode bayesian belief network (BBN) pada ISP. Dalam penelitian ini, analisis customer churn dilakukan dengan melibatkan metode BBN yang ditambahkan dengan analisis pencilan untuk menghilangkan data ekstrim. Tahapan analisis customer churn meliputi penyiapan data, diskritisasi variabel kontinyu, analisis pencilan, analisis korelasi, uji multikolinieritas, pembuatan diagram sebab-akibat, dan pembuatan BBN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data pelanggan personal dan pelanggan korporasi harus dilakukan analisis secara terpisah, analisis pencilan dapat menemukan variabel yang harus dikeluarkan sebelum analisis churn, analisis churn menemukan bahwa pemberian bonus pada pelanggan pesonal upto dapat menurunkan churn hingga 35%, dan pada pelanggan quotabase hanya dapat menekan hingga 50%.