SKENARIO KEBIJAKAN INDUSTRI GULA UNTUK MENINGKATKAN KETERSEDIAAN GULA DIPASARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SISTEM DINAMIK

by Agung Brastama Putra,Erma Suryani
( Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknik Industri Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN) Jawa Timur, Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember )

Date Published: 01 Mar 2014
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 5 No 1
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2014.03.013

Keywords: sistem dinamik,buffer stock management,industri gula,ketersediaan gula

Abstract

Gula merupakan salah satu komoditas strategis yang dimiliki Indonesia sebagai negara yang terletak dikawasan tropis, gula telah diproduksi di 110 negara, diantaranya adalah Brazil, India, Australia, Thailand, China, dan Cuba. Luas lahan tebu juga makin berkurang. Hal ini berimbas pada pasokan bahan baku yang juga menyusut. Namun, hal ini masih bisa disiasati dengan mengikutsertakan petani tebu karena pada sistem pergulaan bersifat dinamis dan fleksibel. Penelitian ini berfokus pada jumlah persediaan gula Jawa Timur dimana variabel yang mempengaruhinya adalah produktivitas lahan, lahan baru, intensifikasi lahan dan produksi gula. Variabel-variabel ini digunakan untuk pembuatan skenario persediaan gula di Jawa Timur yang bertujuan untuk meningkatkan persediaan gula sehingga swasembada gula dapat tercapai. Penelitian ini menggunakan sistem dinamik untuk menyelesaikan permasalahan peningkatan produksi gula. Skenario yang terdapat pada penelitian ini adalah penggabungan extensifikasi lahan dan intensifikasi lahan. Hasil penelitian ini sesuai dengan scenario yang dibangun yaitu hasil produktivitas mencapai 5-6 Ton/Ha, produksi gula sebesar 1.020.411 Ton, luas lahan 200.386 Ha, dan setelah dilakukan skenario hasilnya adalah produktivitas lahan naik menjadi 9,7 Ton/Ha, produksi gula menjadi 2.061.750 Ton, luas lahan tebu menjadi 228.784 Ha.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)