IDENTIFIKASI DAN MANAJEMEN KENDARAAN DI ITS PADA PERANGKAT BERGERAK DENGAN TEKNOLOGI QR-CODE

by Henning Titi Ciptaningtyas,Bambang Setiawan,Muhammad
( Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember )

Date Published: 01 Mar 2014
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 5 No 1
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2014.03.015

Keywords: Android,keamanan kendaraan,QRcode,identifikasi

Abstract

Mobil dan motor adalah moda transportasi yang paling banyak digunakan di kampus ITS Surabaya. Banyaknya jumlah kendaraan di kampus ITS membuat Satuan Keamanan dan Keselamatan (SKK) ITS sulit mengenali kepemilikan kendaraan, apakah milik civitas akademika ITS atau milik masyarakat umum. Hal ini menyebabkan keamanan kampus ITS menjadi rawan terhadap pencurian kendaraan. Metode yang diusulkan untuk mengurangi resiko pencurian adalah identifikasi kendaraan dengan menggunakan QRcode. Plat nomor kendaraan akan ditambahkan dengan kata tertentu, dihash menggunakan MD5, dan hasilnya akan dikonversikan dalam bentuk QRcode. Dengan bantuan perangkat mobile berbasis android, data akan dibaca dari QRcode dan dikirim ke server untuk mendapatkan detail kendaraan dan detail pemilik kendaraan. Setelah dilakukan uji coba performa sistem menggunakan koneksi data yang berbeda (WiFi, 2G, 3G), efek derau, efek cahaya, efek air, dan jarak pembacaan QRcode, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini mempersingkat waktu identifikasi kendaraan sebesar 50% dan meningkatkan keamanan di lingkungan ITS karena SKK bisa memeriksa detail kendaraan dan detail pemilik kendaraan.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)