PEMASARAN JAMU TRADISIONAL MENGGUNAKAN E-COMMERCE (STUDI KASUS PADA TOKO AIR MANCUR KISARAN)

by Eva Solita Pasaribu,Zulfi Azhar,Wan Maritul Kifti


Date Published: 01 Dec 2014
Published In:
Volume: Vol 1 No 1
Publisher:
Language: id-ID

Keywords: Pemasaran,Jamu Tradisional,e-Commerce.

Abstract

Pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting dalam memperkenalkan suatu produk maupun jasa kepada konsumen. Pada era globalisasi saat ini, sangat diharapkan untuk bisa memasarkan suatu produk/ jasa secara komputerisasi dengan menggunakan konsep pemasaran modern yang lebih dikenal dengan e-commerce (pemasaran secara online). Pemasaran online dilakukan melalui sistem komputer online interaktif yang menghubungkan konsumen dan penjual secara elektronik. Penggunaan internet dalam pemasaran memungkinkan scope dan kebiasaan kegiatan pemasaran menjadi lebih fleksibel. Pada toko Air mancur Kisaran sebagai objek/tempat dilakukan penelitian masih ditemukan konsep pemasaran yang manual dalam hal ini belum menggunakan sistem komputerisasi atau secara online. Jamu tradisional yang dalam hal ini adalah merupakan produk utama yang dihasilkan masih dipasarkan dengan menggunakan konsep pemasaran dari mulut ke mulut dan menunggu pembeli datang. Hal ini dirasa kurang efektif dan maksimal dalam menarik konsumen. Dengan menggunakan konsep pemasaran secara online diharapkan akan memberikan banyak akses dan informasi bagi pilihan yang lebih lengkap kepada pembeli terhadap produk jamu tradisional, dan dapat menjalin hubungan yang lebih efektif terhadap konsumen oleh penjual. Dengan mengimplementasikan konsep e-commerce diharapkan akan memberikan keuntungan dan pertumbuhan bagi Toko Air Mancur Kisaran.


© 2022 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)