PERBANDINGAN METODE IDENTIFIKASI LAYANAN BISNIS PADA ENTERPRISE ARCHITECTURE PELAYANAN PUBLIK BERBASIS SOA

by Winayu Budi Wardhani,Lukito Edi Nugroho,Widyawan


Date Published: 22 Sep 2014
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2014
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: SOA,Enterprise Architecture,identifikasi layanan,layanan publik,sertifikasi CPOB

Abstract

Metode identifikasi layanan bisnis diperlukan pada pemodelan enterprise architecture berbasis SOA. Metode digunakan dalam mengidentifikasi layanan yang mendukung kegiatan bisnis organisasi. Beberapa kerangka enterprise architecture tidak menyebutkan secara spesifik metode identifikasi layanan, sehingga diperlukan kolaborasi kerangka dengan metode identifikasi layanan. Layanan sangat dibutuhkan oleh arsitek dalam menterjemahkan proses bisnis ke dalam implementasi teknologi secara tepat. Makalah ini mengulas tentang perbandingan metode identifikasi layanan yang dapat digunakan pada pemodelan enterprise architecture. Perbandingan didasarkan pada parameter yang digunakan pada penelitian Birkmier dkk. Dua metode yang dibandingkan adalah SOMA dan metode yang dikembangkan oleh Fareghzadeh. Metode digunakan pada studi kasus pelayanan publik Sertifikasi CPOB. Masing-masing metode memiliki kelebihan yang dibutuhkan dalam perancangan enterprise architecture sistem pelayanan publik Sertifikasi CPOB. Metode SOMA memberikan kemudahan kepada pemerintah untuk melakukan pengukuran terhadap target pelayanan publik. Metode identifikasi yang kedua memiliki keunggulan dalam mengakomodir kategorisasi layanan yang memerptimbangkan kebutuhan layanan eksternal dan internal.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)