ANALISA PERENCANAAN STRATEGI SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI (SI/TI) DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK WARD & PEPPARD DI PERGURUAN TINGGI ABC

by Rida Indah Fariani


Date Published: 22 Sep 2014
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2014
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Ward & Peppard,keselarasan SI/TI,alignment

Abstract

Salah satu kunci keberhasilan perguruan tinggi yaitu pemanfaatan teknologi dan Sistem Informasi yang optimal. Untuk itu diperlukan suatu perencanaan yang baik dalam pengembangan Sistem Informasi (SI) dan Teknologi. Informasi (TI). Perencanaan yang baik berawal dari strategi SI/TI yang baik. Hal yang menjadi isu utama dalam pembuatan perencanaan strategi SI/TI adalah keselarasan (alignment) antara strategi SI/TI dan strategi bisnis organisasi secara umum. Pada penelitian ini akan disusun perencanaan strategis Sistem Informasi di Perguruan Tinggi ABC dengan menggunakan metodologi Ward & Peppard. Penggunaan metodologi ini menjamin keselarasan antara strategi bisnis organisasi dengan strategi SI/TI. Strategi yang dihasilkan berupa portofolio SI yang akan dibangun, gap analisis dan roadmap dari pengembangan SI/TI yang diusulkan.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)