Keywords: Layanan SI/TI,Proses Pelayanan Darah,ITIL v3 Service Design,Blood Bank Information System,Service Design Package
Layanan SI/TI di bidang kesehatan telah menjadi suatu kebutuhan dengan adanya konsep E-Health dalam layanan dan sistem kesehatan. Proses pelayanan darah sebagai salah satu layanan kesehatan yang dinaungi oleh Unit Donor Darah Pelang Merah Indonesia belum menerapkan dukungan teknologi informasi dilihat dari permasalahan integrasi data dan kecepatan layanan yang belum memenuhi standar layanan dan sistem kesehatan, sehingga dibutuhkan desain layanan SI/TI dalam menerapkan teknologi informasi guna mendukung proses bisnis pelayanan darah di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia. Desain layanan SI/TI dilakukan berdasarkan hasil analisis kondisi kekinian dan kebutuhan layanan SI/TI yang menghasilkan Blood Bank Information System sebagai layanan sistem informasi untuk proses pelayanan darah.. Proses desain layanan yang dilakukan mengacu pada ITIL v3 yakni tahapan Service Design yang fokus pada proses Service Catalogue Management, Service Level Management, Capacity Management, Availability Management, IT Service Continuity, Information Security, dan Supplier Managemen. Hasil desain layanan SI/TI berupa dokumen Service Design Package untuk Blood Bank Information System sebagai layanan sistem informasi berbentuk aplikasi berbasis web yang memberikan layanan integrasi data dan kecepatan akses pelayanan darah secara efisien dan memenuhi ekspektasi masyarakat.