Keywords: evaluasi,pelaporan,SKPD,SIM
Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) merupakan pelaksana fungsi eksekutif yang saling berkoordinasi agar penyelenggaraan pemerintahan berjalan dengan baik. Setiap SKPD memiliki tugas dan kewajiban masing-masing yang tertuang dalam kegiatan-kegiatan dari program-program yang sudah direncanakan dan disahkan untuk dilaksanakan dalam satu tahun. Permasalahannya di Kabupaten Pamekasan pimpinan dalam hal ini adalah Bupati, kesulitan untuk mengetahui progres pelaksanaan kegiatan pada setiap SKPD dan tentunya juga dalam proses evaluasinya. Walaupun setiap SKPD diwajibkan untuk menyerahkan laporan pelaksanakan kegiatan setiap bulan kepada Bagian Administrasi Pembangunan, proses rekapitulasi pelaporan dan evaluasi kegiatan untuk setiap SKPD sangat sulit untuk dilakukan karena masih menggunakan aplikasi perkantoran dasar. Oleh sebab itu dirancanglah Sistem Informasi Manajemen Pelaporan dan Evaluasi dengan metode Waterfall. Sehingga diharapkan dapat membantu staf dalam proses rekapitulasi pelaporan dan pimpinan dapat mengetahui dengan mudah detail informasi tentang progres pelaksanaan kegiatan untuk bahan evaluasi pada setiap SKPD.