PERENCANAAN SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA PERGURUAN TINGGI

by Endah Purwanti


Date Published: 22 Sep 2014
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2014
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Customer Relationship Management (CRM),sistem CRM,manajemen perguruan tinggi

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu strategi dalam elektronik bisnis untuk mengelola hubungan dengan pelanggan. Tren pada e-bisnis menunjukkan perubahan dari product-centric menjadi customer-centric. Institusi perguruan tinggi juga mulai menyadari perlunya perubahan dalam berinteraksi dengan ‘konsumen’. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan sistem CRM yang memberi kemudahan konsumen dalam mendapatkan informasi. Pada penelitian ini diidentifikasikan sistem CRM yang akan dibagun pada perguruan tinggi. Perencanaan sistem CRM dilakukan pada kegiatan yang bersifat Transactional-Decentralized, yaitu kegiatan transaksional yang dikelola secara mandiri oleh fakultas. Konsumen yang terlibat adalah mahasiswa, dosen, dan petugas administrasi akademik. Untuk mengintegrasikan sistem digunakan sistem informasi akademik secara online dengan memanfaatkan website universitas yang telah ada. Komunikasi secara personal dengan konsumen dilakukan juga dengan menggunakan SMS gateway. Dengan sistem yang diusulkan ini, kegiatan akademik dapat berjalan dengan lancar, efektif, dan efisien.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)