Keywords: Augmented Reality,Perabot,Simulasi Peletakan Perabot,3D Perabot,Pemasaran Perabot
Rasa ketidakpuasan setelah membeli perabot ruangan bisa saja dialami seorang pelanggan jika realita tidak sesuai dengan harapan pelanggan, atau ukuran dan tampilan tidak sesuai dengan kondisi rumah atau ruangan dimana perabot akan diletakkan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat mempromosikan produk perabot ruangan secara detail, menarik dan dapat memvisualisasikan perencanaan penataannya dalam sebuah ruangan sebelum melakukan pembelian guna menghindari rasa ketidakpuasan setelah melakukan transaksi pembelian. Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan sebuah aplikasi yang mampu memvisualisasikan peletakan dan penataan perabot ruangan dalam bentuk 3D. Metode yang dilakukan dalam pembuatan aplikasi ini diawali dengan melakukan studi literatur, analisis kebutuhan sistem, pengembangan sistem, pengujian sistem dan evaluasi dan revisi sistem. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi yang terdiri dari aplikasi web yang berfungsi sebagai media promosi produk perabot perusahaan dan sebuah aplikasi android yang berfungsi melakukan penataan perabot dalam bentuk 3D.