PEMBUATAN VISUALISASI PERENCANAAN PELETAKAN PERABOT MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENDUKUNG PEMASARAN PRODUK

by Muh Djayusman Riyadhi,Nisfu Asrul Sani,Febriliyan Samopa


Date Published: 22 Sep 2014
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2014
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Augmented Reality,Perabot,Simulasi Peletakan Perabot,3D Perabot,Pemasaran Perabot

Abstract

Rasa ketidakpuasan setelah membeli perabot ruangan bisa saja dialami seorang pelanggan jika realita tidak sesuai dengan harapan pelanggan, atau ukuran dan tampilan tidak sesuai dengan kondisi rumah atau ruangan dimana perabot akan diletakkan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat mempromosikan produk perabot ruangan secara detail, menarik dan dapat memvisualisasikan perencanaan penataannya dalam sebuah ruangan sebelum melakukan pembelian guna menghindari rasa ketidakpuasan setelah melakukan transaksi pembelian. Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan sebuah aplikasi yang mampu memvisualisasikan peletakan dan penataan perabot ruangan dalam bentuk 3D. Metode yang dilakukan dalam pembuatan aplikasi ini diawali dengan melakukan studi literatur, analisis kebutuhan sistem, pengembangan sistem, pengujian sistem dan evaluasi dan revisi sistem. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi yang terdiri dari aplikasi web yang berfungsi sebagai media promosi produk perabot perusahaan dan sebuah aplikasi android yang berfungsi melakukan penataan perabot dalam bentuk 3D.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)