PEMBUATAN SPESIFIKASI KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK UNTUK PENGUKURAN KESEHATAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (NON BANK) PADA BMT SIDOGIRI

by Raras Tyasnurita,Ika Rakhma Kusuma Wardhani,Suviani Ningrum


Date Published: 22 Sep 2014
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2014
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: lkms,kesehatan keuangan,spesifikasi kebutuhan perangkat lunak,metode pearls

Abstract

Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) adalah penyedia jasa keuangan bagi pengusaha kecil dan mikro yang menyediaan berbagai jasa pinjaman, baik untuk kegiatan produktif maupun untuk kegiatan konsumtif Dalam setiap periodenya, LKMS menghasilkan laporan keuangan seperti laporan laba rugi, neraca dan buku besar yang dapat digunakan sebagai indikator kesehatan keuangan LKMS. Pengukuran kesehatan keuangan awalnya hanya berfokus pada lembaga keuangan non-syariah sedangkan pengembangan untuk lembaga keuangan syariah (nonbank) belum ada. Oleh karena itu, maka dibangunlah sistem terkomputerisasi untuk mengukur tingkat kesehatan keuangan syariah. Sistem dibangun secara online untuk memperoleh data secara real-time dan mampu membantu tim pengawas LKMS dalam menarik kesimpulan terhadap kesehatan keuangan dengan lebih akurat dan cepat.. Oleh karena itu disusunlah dokumen spesifikasi kebutuhan perangkat lunak sebagai dasar pembangunan aplikasi pengukuran kesehatan keuangan lembaga keuangan mikro syariah (non-bank) dengan pada BMT Sidogiri.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)