Keywords: Android,permainan,negamax alpha beta pruning,brute force,othello
Kehidupan manusia yang semakin berkembang membuat perkembangan teknologi juga semakin pesat begitu pula dalam perkembangan dunia permainan yang juga berkembang pesat. Permainan yang ada digunakan tidak hanya untuk hiburan semata tetapi juga bisa untuk melatih menentukan strategi terbaik. Permainan tradisional yang dahulu dimainkan menggunakan alat-alat tradisional juga telah banyak dibuat ke dalam komputer dan sekarang juga merambah ke dunia smartphone. Othello adalah salah satu permainan tradisional yang dapat melatih kecerdasan untuk menyusun strategi terbaik dalam menentukan langkah - langkah permainan dengan tujuan untuk membalik keping lawan sebanyak – banyaknya, mencari posisi keping yang baik dan memenangkan permainan. Implementasi algoritma negamax alpha beta pruning dan brute force pada permainan othello berbasis android ini merupakan salah satu bentuk penerapan kecerdasan tiruan yang dapat membuat komputer menjadi lebih cerdas dan membuat permainan othello ini menjadi lebih menarik dan menghibur untuk dimainkan. Pengembangan aplikasi permainan othello pada platform android ini juga bertujuan untuk memudahkan pengguna karena lebih praktis, sehingga dapat dimainkan dimana saja dan kapan saja. Aplikasi permainan othello ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan berbasis Eclipse IDE. Hasil akhir yang diharapkan adalah sebuah aplikasi permainan othello dengan kecerdasan tiruan di dalamnya yang dapat diterapkan dalam smartphone android dengan sistem operasi 2.3.3 Gingerbread.