Keywords: data mining,Clustering,K-Means Clustering
Sistem informasi yang dapat membantu mengolah pengetahuan (knowledge) dari data penjualan berperan penting untuk mendukung pengambilan keputusan pemasaran di sebuah perusahaan. Studi kasus ini dilakukan di PT. XYZ yang merupakan sebuah perusahaan yang menjual minuman partai besar seperti sirup dan kopi. Target penjualan seringkali tidak tercapai serta terdapat banyak produk yang memiliki potensi penjualan tinggi tetapi hasilnya rendah. Solusi yang diusulkan adalah sistem informasi yang dapat mengolah laporan penjualan dengan menggunakan teknik data mining dengan metode k-means clustering. Proses ini dilakukan terhadap atribut harga satuan maksimum dan rata-rata pembelian per-transaksi dari masing-masing customer. Sistem ini menyajikan pengetahuan mengenai rincian transaksi dan kontribusi dari masing-masing customer, brand, dan informasi hasil clustering. Selain itu terdapat customer breakdown untuk melihat rincian kontribusi brand terhadap masingmasing customer. Sistem Informasi ini juga dapat membantu dalam memberikan usulan terhadap pemasaran produk baru dengan melihat kecocokan dari tiap cluster yang ada dengan atribut harga