KONSEP PENILAIAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DAN EDUKATIF BERDASARKAN DP3 MENGGUNAKAN AHP

by Wiji Setiyaningsih,Yusriel Ardian


Date Published: 22 Sep 2014
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2014
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: AHP,penilaian kinerja,DP3

Abstract

Dalam setiap tahunnya aktivitas penilaian kinerja terhadap tenaga pendidik dan tenaga edukatif pada Universitas Kanjuruhan Malang dilakukan dengan berpedoman pada Daftar Penilaian Pelaksaan Pekerjaan (DP3) yang didalam terdapat 8 (delapan) unsur, yaitu kejujuran, kesetiaan, ketaatan, prestasi kerja, tanggung jawab, kerjasama, kepemimpinan dan prakarsa. Penilaian kinerja pada Universitas Kanjuruhan Malang berfungsi untuk mendukung pemberian-pemberian kebijakan, dan khususnya dalam pendukung penentuan kenaikan gaji. Penilaian kinerja tersebut dilakukan oleh setiap pimpinan unit untuk setiap tenaga pendidik dan tenaga edukatif yang berada dibawah pimpinannya, dimana penilaian tersebut banyak mengandung penilaian yang bersifat subyektif. Penilaian bersifat subyektif memiliki kelemahan lebih condong pada unsur kedekatan, sehingga dalam hal ini tentunya mengakibatkan pada hasil penilaian kinerja yang kurang akurat. Harapan kepala kepegawaian Universitas Kanjuruhan Malang, ke depannya perlu dikembangkannya sistem pendukung keputusan penilaian kinerja tenaga pendidik dan tenaga edukatif sebagai pendukung penentuan kenaikan gaji, yang tidak hanya atas dasar unsur subyektifitas saja, namun juga penilaian yang obyektif, meskipun tetap menggunakan pedoman DP3. Dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) maka dapat mengoptimalkan penilaian kinerja tenaga pendidik dan tenaga edukatif sebagai pendukung penentuan kenaikan gaji, yang tidak hanya atas dasar unsur subyektifitas saja, namun juga penilaian yang obyektif, secara efektif dan meningkatkan akurasi perhitungan nilai akhir


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)