Keywords: Clustering,Self Organizing Map,SOM,K-Means,telekomunikasi
PT. XYZ merupakan perusahaan penyedia jasa layanan telekomunikasi publik di Indonesia. PT. XYZ selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan jasa dan perbaikan sarana sehingga terwujud pelayanan yang optimal. Seiring perkembangan teknologi yang semakin meningkat, persoalan yang dialami perusahaan ini juga semakin beragam. PT. XYZ di daerah Mojokerto menghadapi persoalan seringkali ditemukan pelanggan yang melakukan klaim tipe berlangganan yang salah. Hal ini merugikan perusahaan terutama pada bidang finansial. Persoalan tersebut dapat terjadi karena perusahaan menggunakan sistem kluster berlangganan yang belum tepat karena selama ini perusahaan melakukan pengklusteran pelanggan dengan cara manual dan lebih mempercayakan kepada pelanggannya. Hal ini rawan terjadi penyalahgunaan yang berakibat pada kerugian. Penelitian ini membahas tentang dua metode clustering data mining yaitu SOM dan K-Means yang sebagai metode clustering dalam membantu menyelesaikan persoalan perusahaan dan diharapkan dapat membantu untuk mengurangi kesalahan klasifikasi yang menimbulkan kerugian yang dialami perusahaan.