INDONESIAN PRESIDENTIAL SOCIAL MEDIA CAMPAIGNS

by Leon Andretti Abdillah


Date Published: 22 Sep 2014
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2014
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Twitter,Facebook,Media sosial,Calon presiden,Kampanye presiden.

Abstract

Media sosial telah digunakan untuk kampanye politik calon presiden di sejumlah negara-negara demokrasi, tidak terkecuali Indonesia. Para calon presiden dan wakil presiden telah mengikuti tren terkini di dunia maya dengan memanfaatkan media sosial seperti: 1) Facebook, dan 2) Twitter. Penulis meneruskan penelitian ini dengan fokus popularitas calon residen dan wakil presiden menuju pemilihan presiden Indonesia pada 9 Juli 2014. Penulis menemukan bahwa Facebook tetaplah menjadi media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia untuk kampanye presiden. Prabowo Subianto berhasil mendapatkan jumlah penggemar terbanyak di Facebook. Sedangkan Joko Widodo berhasil mendapatkan jumlah pengikut terbanyak di Twitter.Pengguna facebook didominasi oleh pengguna pada rentang usia 18-24 tahun, dan kota terbanyak yang menggunakan Facebook adalah Jakarta.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)