https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2015.03.008
Keywords: sistem informasi,penjualan,Dashboard,pendukung keputusan,tiket.
PT. Nurindo Tour adalah salah satu perusahaan tour and travel yang bergerak pada bidang penjualan tiket pesawat. Mengetahui informasi perkembangan pemesanan dan penjualan tiket bagi pihak manajemen merupakan suatu hal yang seharusnya dilakukan secara rutin dan cepat agar tercapainya tujuan perusahaan yang telah direncanakan. Dengan adanya Dashboard Information System diharapkan dapat membantu pihak manajemen dalam memonitoring performance perusahaan untuk melakukan pengambilan keputusan dalam upaya meningkatkan penjualan tiket pada perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode OLAP dan analisis user requerment, dimana metode tersebut dilakukan dengan cara pengumpulan data dengan melakukan observasi, instrumentasi dan menggunakan studi literatur berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Hasil yang dicapai pada penelitian ini adalah sebuah Dashboard Information System untuk mengetahui kondisi perkembangan pemesanan dan penjualan tiket yang disajikan dalam bentuk visualisasi berupa laporan dalam bentuk grafik disertai tabel yang berguna bagi manajemen dalam menunjang suatu keputusan. Untuk menguji model data warehouse, penguji menggunakan pengujian ISO 9128 agar aplikasi yang dibangun sesuai dengan kebutuhan pengguna