Analisis dan Desain Website Culture-Vid Berbasis Video Share dalam Rangka Melestarikan Budaya Bangsa dan Kearifan Lokal Nusantara

by Feby Artwodini M.,Amna Shifia Nisafani,Rifqi Rizany


Date Published: 01 Mar 2015
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 5
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2015.03.011

Keywords: website,Kearifan Lokal,analisis,Desain,kebutuhan sistem,video share

Abstract

Kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia merupakan kebudayaan yang majemuk dan sangat kaya ragamnya. Namun, sejumlah orang yang memiliki pengetahuan mengenai budaya asli di Indonesia memiliki banyak keterbatasan dalam menyebarkan pengetahuannya. Keterbatasan tersebut salah satunya disebabkan oleh minimnya dukungan media dalam menyebarkan informasi budaya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem yang mengadopsi kelebihan dari website video share untuk memudahkan pengguna mengakses informasi terkait budaya yang bertujuan untuk menyebarluaskan pemahaman dan melestarikan budaya Indonesia. Sistem tersebut ada-lah Culture-vid. Riset kali ini berfokus pada proses analisis dan desain dari sistem yang akan dikem-bangkan dengan menggunakan metode Protoptyping. Pada Prototyping, terdapat 3 tahapan pengerjaan yang dimulai dengan tahapan benchmarking untuk penggalian kebutuhan, analisis dan desain sistem, serta validasi hasil analisis dan desain. Hasil dari riset analisis dan desain Culture-vid ini berupa sebuah dokumen spesifikasi kebutuhan sistem dan desain Culture-vid yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pelestarian budaya. Dokumen analisis dan desain tersebut nantinya akan digunakan untuk pengembangan dari perangkat lunak Culture-vid, sehingga dapat diimplementasikan untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia.


© 2023 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)