Kontribusi Adopsi Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Usaha Kecil Menengah di Indonesia, Studi Kasus: Bank Perkreditan Rakyat

by Grandys Frieska Prassida,Apol Pribadi Subriadi


Date Published: 01 Mar 2015
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 5
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2015.03.012

Keywords: UKM,Teknologi Informasi,kinerja,kontribusi,adopsi

Abstract

Beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa adopsi TI oleh UKM masih rendah dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan besar. Disebabkan oleh beberapa keterbatasan, maka adopsi TI yang tidak ditangani dengan baik dapat memiliki dampak tertentu bagi kinerja UKM. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha untuk dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif terhadap konsep adopsi TI di UKM, dengan melihat faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi TI, mempertimbangkan tahapan dalam adopsi TI, hingga akhirnya dapat meninjau kontribusi adopsi TI terhadap kinerja UKM. Dengan menggunakan pendekatan component based dengan alat bantu Generalized Structured Component Analysis (GSCA), penelitian ini mendapatkan hasil bahwa pada faktor internal maupun eksternal tidak terbukti berpengaruh terhadap keputusan adopsi TI, ditunjukkan dengan nilai koefisien jalur yang tidak siginifikan. Berikutnya, keputusan adopsi TI dalam penelitian ini telah mampu dibuktikan secara signifikan berpengaruh terhadap implementasi adopsi TI. Korelasi pada kedua variabel ini memiliki nilai tertinggi dan signifikan, yakni ditunjukkan dengan nilai estimate pada path coefficients sebesar 0,393 dan critical ratio 2,48 pada level 0,05 (p < 0.05). Sedangkan untuk hasil dari implementasi adopsi TI, ternyata tidak terbukti berpengaruh terhadap kinerja. Implementasi adopsi TI belum bisa memberikan kontribusi besar terhadap kinerja BPR, terbukti dengan hasil pada variabel implementasi adopsi TI yang hanya memberikan kontribusi sebesar 3,9% saja terhadap variabel kinerja.


© 2023 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)