PENGARUH BUDAYA BAPAKISM DAN KEMATANGAN MANAJEMEN PORTOFOLIO TEKNOLOGI INFORMASI (MPTI) TERHADAP KINERJA PERUSAHAN

by Ully Asfari,Apol Pribadi Subriadi


Date Published: 01 Sep 2015
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 5 No 4
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2015.09.001

Keywords: kematangan manajemen portofolio TI,rasionalitas pengambilan keputusan,perilaku politik,bapakism,kinerja perusahaan,GSCA

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh budaya lokal terhadap kinerja perusahaan di Indonesia. Patern bapakism merupakan budaya lokal yang menjadi karakter kehidupan masyarakat Indonesia. Bapakism tidak hanya berlaku di lingkungan keluarga, tapi juga diberlakukan di kebanyakan perusahaan. Paper ini melakukan percobaan secara natural di perusahaan profit. Bapakism akan menjadi penelitian teoritis pertama yang menarik untuk dikaji, karena budaya tersebut telah dirasakan seluruh karyawan perusahaan sejak peninggalan sejarah Indonesia. Melalui penelitian ini diharapkan, bapakism dipertimbangkan sebagai faktor yang berpengaruh pada kinerja perusahaan. Pengumpulan data menggunakan metode kuisioner yang kemudian diolah menggunakan perangkat lunak SEM – GSCA. Temuan yang didapat adalah budaya bapakism mempunyai pengaruh pada perusahaan profit pada proses pengambilan keputusan secara rasionalitas dalam melakukan investasi TI. Sehingga budaya bapakism perlu dipertimbangkan perusahaan untuk meningkatkan produktifitas karyawan dalam mencapai target perusahaan.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)