PERANCANGAN SERVICE CATALOGUE MANAGEMENT DAN SERVICE LEVEL MANAGEMENT PADA LAYANAN IT PUSAIR DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL VERSI 3

by Diana Meiriana Selvianti,Murahartawaty,Wildan Herwindo


Date Published: 01 Sep 2015
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 5 No 4
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2015.09.005

Keywords: IT Governance,ITIL,service design,service catalogue management,service level management

Abstract

Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air (PUSAIR) merupakan Puslitbang yang berada di bawah Kementrian Pekerjaan Umum, Republik Indonesia. PUSAIR merupakan instansi pemerintahan yang bergerak di bidang penelitian dan pengembangan sumber daya air. Saat ini PUSAIR telah mengimplementasikan teknologi informasi pada kegiatan operasionalnya. PUSAIR mencanangkan dalam visinya ingin menjadi lembaga terkemuka dalam menyediakan jasa keahlian teknologi untuk mendukung tersedianya infrastruktur sumber daya air yang handal. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan IT Governance yang baik agar keberlangsungan teknologi informasi selaras dengan kebutuhan bisnis PUSAIR. IT Governance telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika tahun 2010 yaitu UU N0.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. PUSAIR menerapkan IT Governance menggunakan framework ITIL Versi 3 dalam hal perancangan service design. Perancangan service design yang dilakukan yakni pada domain service catalogue management dan service level management. Hasil perancangan service design pada layanan IT PUSAIR ini menghasilkan dokumen service catalogue, service portofolio, service level agreement, operational level agreement dan service level requirement. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari perancangan service design ini diharapkan akan menjadi rekomendasi dan diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas layanan IT PUSAIR dalam hal IT Service Management.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)