Pengembangan Alat Peraga Pengenalan Tata Surya Bima Sakti Menggunakan Augmented Reality di PAUD

by Budi Arifitama


Date Published: 01 Sep 2015
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 5 No 4
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2015.09.006

Keywords: Augmented Reality,PAUD,alat peraga,tata surya

Abstract

PAUD (Pembelajaran Anak Usia Dini) merupakan salah satu pusat pendidikan yang diberikan untuk kelompok anak usia dini, dimana biasanya tersebar di lingkungan lokasi RW setempat. Tujuan didirikanya PAUD adalah sebagai sarana pemberdayaan masyarakat setempat dalam bidang pendidikan disekitar lokasi , guna mempersiapkan anak anak tersebut sebelum masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi Adapun jenis kegiatan yang dilakukan di PAUD guna merangsang keseimbangan perkembangan dan pertumbuhan jasmani dan rohani, yaitu, perkembangan moral dan agama, perkembangan fisik, perkembanagan kecerdasan, serta bahasa dan komunikasi. Teknologi Augmented Reality digunakan dalam penelitian ini sebagai upaya untuk pemberian materi pengajaran secara lebih visual dan inovatif kepada para peserta didik dan sebagai alternatif alat peraga yang bersifat konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk membantu para guru / pengajar PAUD dalam hal bentuk alat peraga dalam bentuk marker memanfaatkan teknologi augmented reality, untuk mengenalkan tata surya bima sakti untuk anak usia dini di PAUD POSDAYA


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)