Pemanfaatan MAC Address Hostspot dalam Pengembangan Sistem Absensi GPS dalam Rangka Meningkatkan Keakuratan Posisi Pengguna

by Fransiskus Adikara


Date Published: 01 Sep 2015
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 5 No 4
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2015.09.007

Keywords: sistem absensi mobile,GPS tracking,MAC Address tracking,Rekayasa Perangkat Lunak

Abstract

Sistem untuk mengelola informasi sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan sangatlah dibutuhkan oleh perusahaan. Melanjutkan penelitian sebelumnya mengenai perancangan sistem absensi berbasis GPS (Adikara, 2013), maka akan dilakukan pengembangan sistem tersebut dengan pemanfaat teknologi lainnya sebagai penanda letak dari karyawan tersebut di dalam gedung bertingkat, yaitu menggunakan fasilitas WIFI Router (Hotspot) untuk kemudian mengirimkan MAC Address dari WIFI Router (Hotspot) tersebut. Tujuan yang ingin dicapai adalah pengaplikasian MAC Address dari WiFi Router pada sistem operasi Android 4.x untuk dikombinasikan dengan sistem Absensi berbasis GPS untuk pengembangan Sistem absensi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan sistem dengan Extreme Programming. Hasil dari sistem absensi yang dikembangkan menunjukan bahwa telepon pintar berbasis sistem operasi Android dapat menggunakan dan mengaplikasikan teknologi GPS dan MAC Address agar lokasinya tetap akurat. Keberlanjutan dari sistem ini adalah pengembangan pula fasilitas login sistem yang lebih kredibel contohnya dengan menambahkan fasilitas pemindai data biometrik dari penggunanya.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)