Pembuatan Prosedur Manajemen Insiden Berdasarkan ITIL V3 dan COBIT 5 pada Rumah Sakit PHC Surabaya

by Ahmad Holil Noor Ali,Mohammad Hafid Ichsani,Hery Setiawan


Date Published: 01 Sep 2015
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 5 No 4
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2015.09.008

Keywords: Tata kelola TI,ITIL,prosedur,manajemen insiden,manajemen layanan TI

Abstract

Rumah Sakit PHC Surabaya menjadikan Teknologi Informasi sebagai pendukung hingga penyedia layanan yang diberikan dan membentuk unit Sistem Informasi Manajemen dengan salah satu tugasnya menjamin ketersediaan data dan informasi baik medik maupun non-medik. Penanganan insiden selama ini hanya sebatas penanganan secara reaktif tanpa ada alur dan dokumentasi yang baik. Untuk itu perlu dibuat prosedur manajemen insiden agar penanganan insiden dapat berjalan baik dan sesuai dengan resource yang ada sehingga pada akhirnya dapat menjamin ketersediaan layanan TI dan meminimalkan dampak dari insiden. Langkah-langkah dalam pembuatan prosedur tersebut yaitu (1) persiapan, (2) analisa informasi, (3) pembuatan prosedur manajemen insiden, (4) kemudian dilakukan verifikasi prosedur dan validasi prosedur. Hasil dari penilitian ini berupa sebelas prosedur manajemen insiden TI berdasarkan ITIL v3 untuk RS PHC Surabaya yang telah dilakukan verifikasi terhadap control COBIT 5 dan telah dilakukan validasi menggunakan simulasi dengan notasi BPMN.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)