ANALISA PENGARUH PENGGUNAAN SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO) PADA WEBSITE E-COMMERCE

by Himawan,Arisantoso,Asep Saefullah


Date Published: 02 Nov 2015
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2015
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: website,ecommerce,mesin pencarian,SEO

Abstract

E-Commerce merupakan salah satu kegiatan transaksi bisnis baik barang dan jasa yang dilakukan secara elektronik dengan menggunakan jaringan internet. Pertumbuhan jumlah website e-commerce yang meningkat dengan pesat khususnya di Indonesia dalam waktu beberapa tahun terakhir ini membuat persaingan bisnis menjadi semakin ketat dan sangat kompetitif. Setiap pemilik toko online maupun pelaku bisnis online berusaha untuk berlomba-lomba dalam hal menarik jumlah pengunjung sebanyak -banyaknya ke dalam halaman website toko online yang mereka miliki. Terdapat banyak cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah kunjungan pada sebuah halaman website khususnya toko online. Beberapa cara yang populer digunakan adalah dengan menggunakan blog, optimasi mesin pencarian, memasang iklan melalui google adsense atau facebook fan page, penggunaan media jejaring sosial yang memang sedang menanjak trennya dalam beberapa tahun terakhir, ataupun penggunaan aplikasi mobile (instant messenger) yang tidak kalah pesatnya dalam hal jumlah penggunanya. Dalam penulisan paper ini, metode yang akan dibahas lebih banyak adalah mengenai teknik penggunaan optimasi mesin pencarian atau Search Engine Optimization (SEO) yang akan digunakan untuk meningkatkan trafik pengunjung pada sebuah halaman website dan juga digunakan agar sebuah halaman website dapat terdeteksi atau tertelusuri dengan baik pada sebuah mesin pencari.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)