PENGIMPLEMENTASIAN DASHBOARD BERBASIS WEB GIS SEBAGAI TOOLS MONITORING REKLAME (STUDI KASUS KOTA SURABAYA)

by Nisfu Asrul Sani,Alfan Eko Prasetyo


Date Published: 02 Nov 2015
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2015
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: GIS,Dashboard,Reklame

Abstract

Perkembangan teknologi informasi memotivasi organisasi untuk menggunakan teknologi informasi sebagai solusi peningkatan kinerja. Banyak organisasi yang telah menggunakan teknologi informasi berharap untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, sarana komunikasi dan juga perpaduan antara satu teknologi dengan yang lain, serta untuk meningkatkan strategi kompetitif organisasi. Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya adalah dinas pelayanan yang mengatur segala urusan tentang tata kota surabaya, khususnya penempatan dan monitoring reklame yang ada diseluruh wilayah Kota Surabaya. Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya memiliki kesulitan untuk melakukan monitoring reklame di surabaya hal ini dapat menghambat kinerja dinas, untuk meningkatkan kinerja monitoring reklame yang ada, pihak dinas membutuhkan sistem yang mampu membantu dalam pengawasan izin setiap titik reklame di surabaya, untuk memenuhi kebutuhan tersebut penulis akan melakukan analisa kebutuhan, perancangan menggunakan UML serta implementasi sistem yang akan memanfaatkan dashboard GIS, nantinya dashboard ini akan memanfaatkan google map untuk menampilkan visualisasi lokasi reklame serta informasi dalam bentuk grafik untuk memberikan gambaran status setiap reklame yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah dashboard berbasis website yang memiliki kemampuan untuk membantu pengawasan ijin reklame serta persebaran reklame yang ada di surabaya.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)