Keywords: E-banking,phising,two channel authentication,QR-code
E-banking merupakan salah satu layanan perbankan yang menerapkan teknologi dan informasi yang mengalami kemajuan yang pesat, karena E-banking memberikan layanan mobilitas dan fleksibilitas sehingga nasabah mampu mengakses layanan perbankan secara cepat, mudah dan real-time. Oleh karena itu, keamanan menjadi faktor penting dalam menjaga kenyamanan nasabah pada layanan E-banking. Saat ini E-banking masih menggunakan teknik otentikasi yang menggunakan kerahasiaan user ID dan password. Selain itu juga terdapat juga penambahan token security. Akan tetapi teknik otentikasi tersebut saat ini me jadi sangat rentan seiring berkembangnya serangan yang bersifat langsung seperti phising dan man-in-the-middle/browser. Two channel authentication muncul sebagai salah satu solusi yang menawarkan jaminan perbaikan keamanan atas lemahnya keamanan pada teknik single factor authentication. Selain itu, saat ini berkembang pula penerapan QR-code untuk layanan berbasis smart authentication yang menjamin kecepatan proses otentikasi pada transaksi di layanan internet banking. Dari hasil penerapan perlindungan keamanan pada layanan internet banking.