OPTIMASI TRAVELLING SALESMAN PROBLEM WITH TIME WINDOWS (TSP-TW) PADA PENJADWALAN PAKET RUTE WISATA DI PULAU BALI MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA

by Nurizal Dwi Priandani,Wayan Firdaus Mahmudy


Date Published: 02 Nov 2015
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2015
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: travelling salesman problem,Optimasi Rute,Time Windows,Algortima Genetika

Abstract

Pulau Bali merupakan tempat impian bagi wisatawan dimana terdapat ratusan bahkan ribuan destinasi wisata yang ditawarkan[1]. Waktu wisatawan yang singkat dan banyaknya destinasi wisata yang ingin dikunjungi, membuat wisatawan harus menjadwalkan perjalanan wisatanya seefektif mungkin. Pada kenyataannya, setiap destinasi wisata mempunyai waktu buka-tutup atau waktu terbaik untuk dikunjungi. Pemakaian konsep TSP konvensional akan menjadi kurang tepat jika di implementasikan pada kondisi demikian. Salah satu bentuk pengembangan TSP yang lebih rumit dengan melibatkan dua variabel adalah TSP-TW yaitu pencarian rute optimal dengan menambahkan variabel waktu yang harus diperhatikan[3]. Pada penelitian ini, akan digunakan algoritma genetika pada kasus TSP-TW untuk menghasilkan jadwal perjalanan paling optimal yaitu dengan rute terpendek dan perjalanan tepat waktu pada wisata pada Pulau Bali. Berdasar hasil pengujian, parameter yang optimal untuk optimasi TSP-TW menggunakan Algoritma genetika pada kasus penjadwalan perjalanan wisata pada Pulau Bali yaitu metode seleksi yang di pakai adalah Elitis, nilai Crossover Rate (Cr) adalah 0,05, nilai Mutation Rate (Mr) adalah 0,35, jumlah generasi adalah 1750 generasi dan jumlah populasi adalah 100 populasi.


© 2023 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)