Keywords: pengelolaan hubungan pelanggan,segmentasi pelanggan,model RFM
Medical representative adalah kunci dari perusahaan farmasi untuk melakukan pengenalan dan pemasaran produk ethical mereka yang tidak dijual secara bebas. Perusahaan harus mampu mengenali karakteristik pelanggan dengan baik dan membuat strategi pemasaran yang akan dijalankan oleh tim medical representative. Akan tetapi,dalam memahami karakter pelanggan saat ini masih sulit dilakukan karena jumlah pelanggan yang banyak sementara tim yang terbatas. Strategi pengelolaan hubungan pelanggan berupa segmentasi dan evaluasi perubahan loyalitas pelanggan diperlukan perusahaan untuk meningkatkan penjualan, pendapatan, dan kepuasan pelanggan. Segmentasi dilakukan untuk mengenali karakteristik dari pelanggan. Sedangkan evaluasi perubahan loyalitas pelanggan dilakukan dengan klasifikasi yaitu memasukkan pelanggan baru ke dalam segmen yang sudah terbentuk. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi model RFM, klustering K-Means dan Rough Set. Atribut kuatitatif dari model RFM akan diklaster menggunakan algoritma K-means dan kemudian Rough Set diterapkan untuk menghasilkan aturan klasifikasi. Hasil penelitian ini adalah empat segmen pelanggan dan karakteristik dari masing-masing pelanggan beserta serangkaian aturan klasifikasi.