KOMBINASI ALGORITMA PERAMALAN INDEKS MUSIM DAN PENGEMBANGAN FUZZY-MCDM DALAM MEMPREDIKSI KECOCOKAN TANAMAN PANGAN DI SALATIGA

by Rinto Lissa,Andeka Rocky Tanaamah,Alz Danny Wowor


Date Published: 02 Nov 2015
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2015
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Tanaman pangan,Peramalan Indeks Musim,Fuzzy-MCDM,Salatiga

Abstract

Tanaman pangan di Salatiga seperti padi, jagung, ubi kayu dan sebagainya dimanfaatkan untuk pengadaan serta ketahanan pangan masyarakat. Tidak menentunya keadaan iklim akibat pemanasan global, menyebabkan petani gagal panen. Keadaan ini tentunya mengancam eksistensi kehidupan mereka. Untuk meminimalisir kemungkinan gagal panen, masyarakat membutuhkan informasi yang rasional dan logis tentang tanaman yang cocok ditanam dalam situasi tanah, air,curah hujan, dan juga kelembaban yang mengalami perubahanPenelitian ini bertujuan merancang model komoditas unggul guna menentukan komoditas tanaman apa yang cocok dan tepat untuk ditanam. Kombinasi Model yang dirancang menggunakan metode peramalan Indeks Musim dan Fuzzy Multy Criteria Desecion Making (Fuzzy-MCDM) dengan mengambil indikator Curah Hujan, Kelembaban, dan Temperatur. Ketiga indikator tersebut dijadikan sebagai kriteria dan 13 komoditas tanaman diambil sebagai alternatif. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai metode untuk menentukan komoditas tanaman apa yang cocok dan tepat untuk ditanam di Salatiga.


© 2023 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)