PERANCANGAN APLIKASI PEMBUATAN BERKAS PERKARA PIDANA DAN PENGELOLAAN BERKAS PADA SISTEM INFORMASI DIREKTORAT RESERSE KRIMINAL UMUM

by Cut Fiarni,Evasaria Magdalena Sipayung,Yoana Martiana


Date Published: 02 Nov 2015
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2015
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Dashboard,basis data,sistem informasi pengarsipan,berkas perkara pidana

Abstract

Direktorat Reserse Kriminal Umum (DitReskrimUm) merupakan bagian Kepolisian Negara Republik Indonesia. Salah satu tugas dari DitReskrimUm adalah melakukan penyidikan dan membuat berkas atas penyidikan tersebut yang disebut berkas perkara. Masalah yang terjadi adalah kesulitan pencarian softcopy berkas perkara karena tidak adanya standar untuk sistem pengarsipan berkas perkara pidana yang ada. Masalah lainnya adalah pembuatan surat masih secara manual bahkan menggunakan copy paste dari surat-surat sebelumnya sehingga sering terjadi kesalahan pengetikan isi surat. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang sistem informasi pengarsipan dan pembuatan berkas perkara sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis DitReskrimUm. Sistem usulan dikembangkan dengan melakukan perancangan kebutuhan basis data yang diperlukan serta adanya layanan pembuatan surat-surat untuk kebuthan penyidikan dan penyelidikan perkara dan berkas kelengkapan perkara secara otomatis. Dari hasil pengujian, sistem yang dikembangkan mampu mengatasi permasalahan pembuatan surat dan berkas perkara, sehingga proses bisnis pembuatan dan pengarsipan berkas perkara menjadi lebih efektif dan efisien. Disamping itu tersedia pula fitur dashboard sistem yang mampu memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh pihak pengambil keputusan.


© 2023 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)