MODEL WEB SITE MANAJEMEN PROGRAM BANTUAN PADA BP-PAUDNI

by Bahar,Taufiq


Date Published: 02 Nov 2015
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2015
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: PAUDNI,Penguatan Penyelenggaraan Program Pendidikan,Manajemen Pengelolaan Bantuan,Sarana dan Prasarana,Sistem Aplikasi Berbasis Web

Abstract

Proses pengelolaan bantuan dalam bentuk sarana, prasarana dan program sebagai salah satu kebijakan Ditjen PAUDNI melakukan penguatan terhadap program pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Masyarakat, Kursus dan Pelatihan, Pendidikan dan Tenaga Kependidikan PAUDNI, serta program pengkajian, pengembangan dan pengendalian mutu pendidikan selama ini masih dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang masih konvensional (menggunakan Sistem Informasi Berbasis Off line), sehingga berdampak pada proses pengelolaan program yang memerlukan waktu yang lama. Demikian juga dengan fungsi kontrol masyarakat untuk mewujudkan azas transparansi pelaksanaan kegiatan tidak dapat dilakukan secara cepat/real time. Agar sistem pengelolaan bantuan tersebut berjalan dengan efektif dan efisien, diusulkan sebuah model sistem aplikasi online berbasis Web sebagai media berinteraksi bagi seluruh stakeholder dalam sistem, sehingga dapat mempercepat dan mengefisienkan proses penyelenggaraan kegiatan. Indikasi tersebut diperoleh berdasarkan hasil kajian User Acceptance Testing.


© 2023 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)