Keywords: tata Kelola,Teknologi Informasi,sistem informasi,Penilaian Kematangan,e-SPT,Framework COBIT 4.1
Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Salatiga telah menerapkan Sistem Informasi/Teknologi Informasi (SI/TI) dalam menunjang proses bisnis di organisasi. Namun, saat ini penerapan SI/TI yang ada di organisasi dinilai masih belum optimal dikarenakan manajemen KPP Pratama Salatiga belum mampu mengendalikan resiko-resiko yang timbul akibat adanya penerapan SI/TI. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu penilaian terhadap kematangan tata kelola SI/TI dengan tujuan untuk mengetahui kesiapan organisasi dalam melakukan pengelolaan SI/TI, tingkat kepedulian seluruh stakeholder di organisasi tentang kondisi penerapan SI/TI yang ada saat ini. Salah satu SI/TI yang diterapkan di KPP Pratama Salatiga yaitu e-SPT (electronic SPT) untuk mempermudah wajib pajak dalam menyampaikan SPT secara berkala. Guna melakukan penilaian kematangan tata kelola SI/TI terhadap e-SPT, maka diperlukan sebuah standar, yaitu framework COBIT 4.1 (Control Objectives for Information and Related Technology) pada domain Deliver and Support (DS) dengan fokus terhadap dukungan dan layanan TI yang terdapat di KPP Pratama Salatiga, sehingga dapat dilihat sudah sejauh mana organisasi mampu menggunakan e-SPT tersebut. Hasil penilaian terhadap tingkat kematangan tata kelola SI/TI e-SPT dapat bermanfaat dan digunakkan oleh KPP Pratama Salatiga dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat.