PENILAIAN KEMATANGAN TATA KELOLA SISTEM INFORMASI/TEKNOLOGI INFORMASI KANTOR PELAYANAN PAJAK MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 (STUDI KASUS: E-SPT KPP PRATAMA SALATIGA)

by Ery Wijaya Sembiring,Agustinus Fritz Wijaya,Augie David Manuputty


Date Published: 02 Nov 2015
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2015
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: tata Kelola,Teknologi Informasi,sistem informasi,Penilaian Kematangan,e-SPT,Framework COBIT 4.1

Abstract

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Salatiga telah menerapkan Sistem Informasi/Teknologi Informasi (SI/TI) dalam menunjang proses bisnis di organisasi. Namun, saat ini penerapan SI/TI yang ada di organisasi dinilai masih belum optimal dikarenakan manajemen KPP Pratama Salatiga belum mampu mengendalikan resiko-resiko yang timbul akibat adanya penerapan SI/TI. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu penilaian terhadap kematangan tata kelola SI/TI dengan tujuan untuk mengetahui kesiapan organisasi dalam melakukan pengelolaan SI/TI, tingkat kepedulian seluruh stakeholder di organisasi tentang kondisi penerapan SI/TI yang ada saat ini. Salah satu SI/TI yang diterapkan di KPP Pratama Salatiga yaitu e-SPT (electronic SPT) untuk mempermudah wajib pajak dalam menyampaikan SPT secara berkala. Guna melakukan penilaian kematangan tata kelola SI/TI terhadap e-SPT, maka diperlukan sebuah standar, yaitu framework COBIT 4.1 (Control Objectives for Information and Related Technology) pada domain Deliver and Support (DS) dengan fokus terhadap dukungan dan layanan TI yang terdapat di KPP Pratama Salatiga, sehingga dapat dilihat sudah sejauh mana organisasi mampu menggunakan e-SPT tersebut. Hasil penilaian terhadap tingkat kematangan tata kelola SI/TI e-SPT dapat bermanfaat dan digunakkan oleh KPP Pratama Salatiga dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)