PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENENTUAN RUTE PENGIRIMAN BARANG DENGAN METODE ANT COLONY OPTIMIZATION STUDI KASUS: PT. XYZ

by Arief S. Gunawan,Evasaria Magdalena Sipayung,Agustinus Wiguno


Date Published: 02 Nov 2015
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2015
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: pengiriman,penentuan rute,Ant Colony Optimization (ACO)

Abstract

PT. XYZ merupakan perusahaan distribusi fast moving consumer goods produk makanan dan minuman ringan untuk wilayah pemasaran Bandung Barat. Perusahaan ini seringkali mengalami keterlambatan pengiriman pesanan kepada konsumen. Keterlambatan yang terjadi adalah pengiriman pesanan tiba melewati jam tutup konsumen sehingga menyebabkan pesanan harus dikirimkan kembali di keesokan harinya. Apabila pengiriman pesanan mengalami keterlambatan, maka pesanan tersebut menjadi prioritas pada pengiriman ulang keesokan hari yang dapat menimbulkan penambahan jarak dan kapasitas truk yang tersedia menjadi berkurang. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebuah sistem informasi dibuat untuk mengatasi keterlambatan dengan mempertimbangkan faktor lokasi dan jarak. Metode optimasi yang dapat mengakomodasi faktor lokasi dan jarak adalah algoritma Ant Colony Optimization. Penentuan rute dengan metode Ant Colony Optimization akan mempertimbangkan faktor lokasi dan jarak untuk memperoleh total waktu tempuh yang lebih cepat. Berdasarkan penelitian ini, Metode Ant Colony Optimization untuk 30 konsumen dapat mengurangi jumlah keterlambatan menjadi 10%.


© 2023 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)