ANALISIS KARAKTERISTIK PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE CHAID (CHI-SQUARED AUTOMATIC INTERACTION DETECTION) PADA PRODUK XYZ

by Evasaria Magdalena Sipayung,Heri Kurniawan,Arief Ramdan


Date Published: 02 Nov 2015
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2015
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: segmentasi,CHAID,karakterisitk,targeting,positionin,pelanggan

Abstract

Pengelola bisnis berusaha untuk memperkuat strategi penjualan dengan berbagai macam promosi yang dapat menarik minat perhatian pelanggan. Oleh karena itu perlu adanya suatu strategi penjualan yang tepat dengan karakteristik penjualan barang oleh pengelola bisnis tersebut kepada konsumen. Strategi pemasaran yang digunakan oleh pengelola bisnis sangat ditentukan oleh segmentasi, targeting dan positioning produk berdasarkan karakteristik pelanggan. Analisis CHAID ini salah satu tools yang dapat mengidentifikasi karakteristik pelanggan yang digunakan dalam segmentasi, targeting dan positioning. Dari hasil pengolahan data menggunakan analisis CHAID didapatkan tiga karakteristik bahwa, pengaruh produk XYZ pada karakteristik pelanggan didapatkan hasilnya berdasarkan usia, media online dan kontak. Dari tiga karakteristik yang diperoleh ini menjadi suatu keputusan untuk penentuan strategi pemasaran.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)