RANCANG BANGUN APLIKASI PERMAINAN EDUKASI BERBASIS VIRTUAL REALITY MENGGUNAKAN GOOGLE CARDBOARD

by Fransiscus Stephen,Dennis Gunawan,Seng Hansun


Date Published: 01 Mar 2016
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 5 No 5
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2016.03.001

Keywords: Virtual Reality,Unity,endless run,game edukasi,Google cardboard

Abstract

Teknologi merupakan salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Berbagai bidang dalam kehidupan manusia telah sangat dibantu dengan keberadaan teknologi, terlebih teknologi komputer. Virtual reality merupakan suatu cara baru untuk menjelajahi dunia virtual. Dengan virtual reality, pengguna seakan-akan masuk ke lingkungan baru dalam dunia virtual. Luasnya dunia virtual dapat memberikan banyak peluang untuk menghasilkan beragam cara untuk belajar. “Robot Run” adalah permainan edukasi dengan genre endless run dalam virtual reality yang dibuat dalam penelitian ini. Penelitian ini membahas mengenai cara merancang dan membangun aplikasi permainan edukasi "Robot Run" berbasis virtual reality menggunakan Google cardboard sebagai alat bantu penerapan virtual reality. Aplikasi telah berhasil dibuat dan diuji ke 30 responden untuk mengetahui tingkat kepuasan responden terhadap aplikasi yang telah dibuat. Hasil analisis data engatakan bahwa para responsen puas dengan aplikasi yang telah dibuat dengan persentase kepuasan pengguna sebesar 81,37%.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)