RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN DAN TRANSAKSI (STUDI KASUS: FST UNIVERSITAS TRILOGI)

by Silvester Dian Handy Permana,Muhammad Rizal Fauzi


Date Published: 01 Mar 2016
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 5 No 5
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2016.03.002

Keywords: SDLC,Cafe FST Corner,Information System,Aplikasi Pemesanan,Aplikasi Transaksi

Abstract

FST Corner (Food Science Technology) merupakan sebuah sudut cafe yang berlokasi di Kampus Universitas Trilogi, Jakarta Selatan. Dalam menjalankan usahanya, pelayanan Cafe FST Corner masih menggunakan sistem paper-based. Hal tersebut menyulitkan karyawan dalam melayani tamu cafe, terutama pada jam–jam sibuk. Untuk melayani tamu yang datang, pelayan mencatat pesanan dalam struk / nota. Sistem pembayarannya masih manual yang menyebabkan perhitungannya cukup memakan waktu. Pengelola café sering kerepotan dalam mencatat dan menghitung pembayaran karena banyaknya pelanggan di Café ini. Tak sedikit juga pelanggan yang tidak jadi membeli karena waktu menunggunya lama. Hal ini tentu saja mengurangi pendapatan yang harusnya diterima oleh Café ini. Oleh karena itu, perlu dibangun sistem yang dapat membantu pekerjaan dalam perhitungan dan pencatatan pesanan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Sedangkan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah SDLC (System Development Live Cycle) Model Waterfall. Aplikasi ini memiliki fitur untuk melihat daftar pesanan, pemesanan menu untuk pelanggan secara digital, menghitung tagihan pembayaran, serta dapat membantu manager cafe dalam melihat laporan keuangan.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)