PERILAKU PEMAIN GAME ONLINE TERHADAP PEMBELIAN VIRTUAL ITEM

by Ryan Randy Suryono,Apol Pribadi Subriadi


Date Published: 01 Mar 2016
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 5 No 5
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2016.03.009

Keywords: Pembelian Virtual Item,Game Online,Ragnarok Online Indonesia,Penelitian Kualitatif

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perilaku pemain game dalam pembelian virtual item. Barang virtual telah menjadi salah satu utama sumber pendapatan untuk pemasok game online. Dijelaskan dua jenis barang virtual yaitu alat peraga fungsional dan alat peraga dekoratif. Dalam permainan Ragnarok Online Indonesia, tersedia beberapa item seperti senjata, jubah, perisai, hiasan kepala, kartu dan item lain untuk menunjang kinerja dan penampilan karakter. Meskipun item tersebut adalah barang dalam dunia maya, pemain game memiliki niat yang besar untuk memperoleh item. Dengan desain penelitian kualitatif, penelitian ini akan menggali informasi tentang apa yang menjadi motivasi pemain game dalam pembelian virtual item.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)