ADOPSI MEDIA CMC DALAM PEMBELAJARANMENGGUNAKAN MODEL INTEGRASI TAM DAN TEORI U&G

by Yanuarini N.S,Erma Suryani


Date Published: 01 Mar 2016
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 5 No 5
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2016.03.011

Keywords: e-learning,TAM,U&G,CMC

Abstract

Penelitian ini menggabungkan Technology Acceptance Model dan teori Uses and Gratification untuk membuat sebuah model terintegrasi yang mampu memprediksi penggunaan dan kepuasan penggunaan media CMC (selain e-learning) dalam pembelajaran oleh mahasiswa. Keduanya adalah teori penerimaan yang solid, U&G menyediakan informasi spesifik dan pemahaman yang lebih lengkap dari penggunaan, sedangkan TAM mempunyai konstruksi yang mudah diimplementasikan pada media CMC. Penelitian ini mengidentifikasi lima dimensi motivasi dari perspektif U&G, yaitu mencari informasi, kenyamanan, konektivitas, manajemen konten, dan kehadiran sosial. Pengetahuan apa yang mahasiswa inginkan dan bagaimana mereka mendapatkan keuntungan menggunakan CMC dalam konteks pembelajaran, akan berguna bagi para pembuat kebijakan universitas tentang pelaksanaan media CMC untuk belajar mahasiswa. Dan akan membantu memberikan rekomendasi pada institusi pendidikan dan instruktur dalam pemanfaatan bentuk media CMC yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa untuk pengajaran, yang bisa dikolaborasikan dengan e-learning. Juga dapat memberikan perspektif interdisipliner bagi peneliti dan praktisi untuk menyelidiki fenomena penerimaan teknologi.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)