SISTEM NEGOSIASI UNTUK CUSTOMER TO CUSTOMER E-COMMERCE MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY

by Lambang Probo Sumirat,Arif Djunaidy


Date Published: 01 Mar 2016
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 5 No 5
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2016.03.014

Keywords: logika fuzzy,customer to customer ecommerce,sistem negosiasi harga

Abstract

Penelitian ini membahas tentang negosiasi jual beli secara otomatis pada c2c e-commerce yang melibatkan banyak penjual dan banyak pembeli. Negosiasi otomatis yang melibatkan banyak penjual dan banyak pembeli, tidak dapat diselesaikan menggunakan metode probabilitas atau aritmatik Oleh karena itu dalam penelitian ini menggunakan metode logika fuzzy untuk memperoleh harga kesepakatan. Ketidak pastian pada tingkat kenaikan dan penurunan harga tawar menawar yang ditentukan pada strategi jual beli dijadikan parameter masukan dan digunakan untuk membentuk himpunan fuzzy, selanjutnya dilakukan defuzzy serta inferensi untuk memperoleh harga negosiasi. Satu pembeli dapat melakukan negosiasi dengan banyak penjual atas barang yang sama, demikian pula satu penjual melakukan negosiasi dengan banyak pembeli atas barang yang sama. Dengan demikian masing masing pihak akan mendapatkan harga yang beragam atas barang yang sama sehingga dapat menentukan harga terbaik.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)