https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2016.03.016
Keywords: logika fuzzy,analisis biaya-volume-laba multiproduk
Analisis biaya-volume-laba multiproduk merupakan perluasan dari analisis biaya-volume-laba konvensional, digunakan secara luas dalam pengambilan keputusan manajerial, dalam kaitannya untuk perencanaan laba. Meningkatnya persaingan bisnis membuat lingkungan bisnis semakin kompleks dan diliputi ketidakpastian. Sedangkan, analisis variabel ketidakpastian dengan menggunakan model matematik dan statistik dianggap terlalu kompleks dan memerlukan pengalaman agar dapat menggunakannya dengan benar. Oleh karena itu, manajer memerlukan metode yang sederhana, praktis, dan sumber daya yang minimal dalam pengambilan keputusan manajerial pada kondisi ketidakpastian. Dalam penelitian ini, logika fuzzy, sebagai teknik penalaran ketidakpastian dibagi menjadi beberapa subsistem fuzzy, kemudian diterapkan struktur hirarki untuk menyederhanakan sistem. Konsep himpunan fuzzy diterapkan pada setiap subsistem fuzzy untuk menangani ketidaktepatan secara kuantitatif, menggunakan pengetahuan berbasis aturan dan kemudian mekanisme inferensi fuzzy berdasarkan metode penalaran fuzzy Mamdani untuk menilai laba. Berdasarkan hasil uji coba disimpulkan sistem mempunyai kinerja yang sangat baik dengan rata-rata kinerja 88.5%.