EKSPERIMEN SISTEM KLASIFIKASI ANALISA SENTIMEN TWITTER PADA AKUN RESMI PEMERINTAH KOTA SURABAYA BERBASIS PEMBELAJARAN MESIN

by Nuke Y. A. Faradhillah,Renny Pradina Kusumawardani,Irmasari Hafidz


Date Published: 01 Nov 2016
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2016
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Twitter,Klasifikasi Teks,Algoritma Nave Bayes,Algoritma Support Vector Machine (SVM),R Shiny

Abstract

Salah satu sumber informasi yang dibutuhkan oleh Pemerintah untuk dapat meningkatkan kinerjanya adalah umpan balik dari masyarakat. Saat ini media sosial digunakan oleh masyarakat sebagai alat untuk menyalurkan opini dan kondisi yang terjadi di sekitar. Pemerintah Kota Surabaya memiliki akun media sosial yaitu twitter bertujuan untuk meningkatkan interaksi kepada masyarakat Surabaya secara luas. Untuk dapat memantau seluruh tweet pada seluruh akun bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan secara manual. Dalam penelitian ini dilakukan pengklasifikasian opini masyarakat pada media twitter menggunakan pembelajaran mesin. Pengklasifikasian dilakukan dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes dan Support Vector Machine (SVM). Data diambil dari twitter @e100ss dan @SapawargaSby selama periode 1 September 2015 sampai dengan 13 Oktober 2015, dimana akan dikelompokkan menjadi 3 kelas sentimen yaitu positif, negatif, dan netral. Model klasifikasi terbaik didapatkan dengan menggunakan algoritma Support Vector Machine (SVM) dengan hasil akurasi sebesar 79,81%. Setelah klasifikasi, dibuat web framework pembuatan visualisasi berupa wordcloud dan grafik streamgraph yang ditampilkan secara interaktif dengan aplikasi berbasis web yaitu R Shiny.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)