ANALISIS TINGKAT KEMATANGAN E-GOVERNMENT MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 (STUDI KASUS : DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KOTA SURABAYA)

by Titus Kristanto,Lefi Andri Lestari,Sulistyowati


Date Published: 01 Nov 2016
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2016
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: E-government,COBIT 5,Tingkat Kematangan

Abstract

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya merupakan dinas pemerintahan yang bergerak di bidang perdagangan dan perindustrian. Tugas utama adalah mendukung pelayanan dan pemantauan kegiatan perdagangan dan perindustrian di Surabaya. Pada dinas tersebut menerapkan sistem e-government dalam memberikan pelayanan izin usaha sampai memberikan informasi kepada masyarakat. Dalam pelaksanaan egovernment terdapat kendala berupa tata kelola e-government belum matang, sehingga berdampak pada pelayanan kurang maksimal, diperlukan tingkat kematangan e-governement berupa pendekatan COBIT 5. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan kuesioner. Fokus penelitian menggunakan beberapa domain COBIT 5 yaitu DSS05, APO013, DSS04, APO01, dan MEA01. Hasil pengukuran tingkat kematangan pada domain DSS05, APO13, dan MEA01 berada pada Level 3 (Establised Process), sedangkan domain DSS04 dan APO01 berada pada Level 2 (Managed Process).


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)